Subscribe Us

Header Ads

Macam-Macam Passing Dalam Bola Basket oleh - mediaolahraga.net

Halo sahabat selamat datang di website mediaolahraga.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Macam-Macam Passing Dalam Bola Basket, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca


Dalam bermain bola basket ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan bermain basket. Salah satunya adalah cara mengoper atau mengumpan bola kepada teman. Cara mengumpan atau mengoper ini sering di istilahkan adalah passing. Seringkali para pemain bola basket terutama pemula mengalami kesulitan dalam melakukan passing karena kurangnya latihan yang dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, passing dalam bola basket sangat penting apalagi bagi kamu yang akan mengikuti turnamen bola basket. Skill dalam melakukan passing sangat penting agar saat melakukan pertahanan ataupun serangan dapat berjalan dengan lancar. Teknik passing dalam bola basket tentunya berbeda dengan teknik yang ada pada bola basket seperti teknik lay out ataupun teknik rebound. Memang kedua teknik ini sangat diperlukan. Namun, dengan menggunakaan passing maka peran kedua teknik tersebut tidak akan berguna. Maka dari itu, teknik passing sangat diperlukan dalam bermain bola basket. Seringkali pemain meremehkan yang namanya passing ini. Karena tidak semua pemain dapat melakukan passing dengan baik. Namun tak sesimpel yang kita kira karena ada lima pemain lawan yang bersiap untuk mengganggu bahkan mengambil possession dari tim kita melalui steal, block atau penjagaan ketat yang berujung pada gagalnya mencetak angka karena gagal menemukan ruang tembak akibat passing yang tak baik.


Bila skill passing dalam oleh bola basket tidak dikuasai dengan baik. Tentunya pemain bola basket tidak bisa mencetak banyak skor. Sebab, pola penyerangan maupun pertahanan kurang melakukan koordinasi dengan baik. Hal ini pastinya menjadi masalah bagi setiap pemain bola basket yang akan mencetak banyak poin. Terlebih lagi bila tim kamu ingin memenangkan permainan bola basket. Pastinya setiap pemain dituntut untuk dapat melakukan skill passing yang cukup baik untuk dimainkan. Oleh karena itu, pemain dituntut untuk dapat melakukan passing dengan sangat baik. Untuk itu para pemain profesional bola basket selalu melatih skill passing dengan baik. Agar saat bermain bola basket akan mudah sekali menguasai jalannya pertandingan bola basket.


Cara Melakukan Passing Bola Basket


Setiap pemain bola basket diharapkan bisa melakukan teknik passing yang cukup benar. Ada beberapa cara untuk melakukan teknik passing yang harus diperhatikan kepada setiap pemain bola basket. Tentu saja dalam melakukan operan ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan dalam bermain bola basket seperti :


Lihat Arah Posisi dari Rekan Se tim


Ada beberapa kesalahan dalam melakukan passing. Salah satunya kurang berkoordinasi dengan teman satu tim. Rekan satu tim sangat berperan dalam melakukan serangan maupun bertahan. Oleh karena itu, melakukan passing yang tepat akan membantu kamu lebih mudah melakukan serangan balik atau bermain dengan bertahan. Setiap pemain sebaiknya melihat posisi dari rekan-rekan setimnya sebelum melakukan operan kepada para pemain yang menunggu. Selain itu upayakan dalam passing selalu tepat.


Gunakan operan dengan dua tangan


Cara passing yang benar yang perlu kamu perhatikan adalah dengan operan dengan dua tangan. Operan yang digunakan menggunakan dua tangan akan lebih mudah dilakukan bila memegang bola nya benar. Bila tidak maka operan dengan dua tangan tidak menghasilkan apa-apa dan akan berpotensi menimbulkan kekacauan dalam bermain.


Jarak Rekan Satu Tim


Dalam melakukan passing bola basket sebaiknya perhitungkan beberapa jarak yang sesuai dalam bermain bola basket. Setidaknya kamu melakukan perkiraan sendiri dalam bermain bola basket bersama tim kamu. jika rekan ada di area 1-5 meter maka berikan passing dengan tenaga yang lembut sehingga tidak berisiko terjadi turnover karena rekan tim sulit menerima bola.


Macam-Macam Teknik Passing Bola Basket


Supaya lebih menguasai lebih cepat dalam bermain basket ada teknik yang perlu kamu pelajari dalam melakukan passing. Pastinya dalam mempraktekkan permainan bola basket tidak sembarangan dan harus menggunakan teknik-teknik yang tepat. Berikut ini ada beberapa macam teknik passing bola basket :


Chest Pass


Umpan operan dada merupakan salah satu passing yang paling sering digunakan dalam bermain bola basket. Operan ini seringkali digunakan ketika akan melakukan operan jarak jauh dari Rekan yang lain atau saat operan dekat. Sasaran tentunya adalah dada kita yang digunakan untuk menahan bola.


Bounce Pass


Selain operan dada adapula operan pantul yang sering kita ketahui dengan nama bounce Pass. Operan ini memanfaatkan media lantai sebagai alat pantul ini memiliki variasi yang sangat banyak dan dapat dikombinasikan dengan beragam strategi penyerangan.


Overhead Pass


Jenis operan ini sering digunakan untuk melakukan operan jarak jauh. Caranya mengumpan dengan atas kepala kita. Biasanya umpan atau operan ini diandalkan untuk menjauhkan bola dari jangkauan lawan pada saat situasi sulit.


Baseball Pass


Kalau chest Pass menggunakan operan menggunakan dua tangan. Namun, berbeda dengan baseball Pass yang menggunakan satu tangan. Ciri khasnya menggunakan tangan satu dengan lemparan kuat seperti halnya melempar bola baseball.


Behind The Back Pass


Passing bola basket seperti yang kita kenal tidak terlalu sulit. Namun, ada passing yang cukup sulit oleh dilakukan oleh pemain. Passing ini sering dinamakan dengan passing behind the back Pass atau operan yang membelakangi tubuh. Hal ini sangat sulit dilakukan bila belum terbiasa dalam melakukan operan seperti ini. Keuntungan menggunakan operan ini yaitu pemain bisa mengecoh lawan dengan cara memutar badan dengan teknik behind the back Pass.


Itulah beberapa penjelasan mengenai cara melakukan passing, dan beberapa macam cara dalam melakukan teknik bola basket.

Itulah tadi informasi mengenai Macam-Macam Passing Dalam Bola Basket dan sekianlah artikel dari kami mediaolahraga.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments